Jumat, 18 November 2011

Bangunan Gedung

Bangunan


Bangunan biasanya dikonotasikan dengan rumah, gedung ataupun segala sarana, prasarana atau infrastruktur dalam kebudayaan atau kehidupan manusia dalam membangun peradabannya seperti halnya jembatan dan konstruksinya serta rancangannya, jalan, sarana telekomunikasi. Umumnya sebuah peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari teknik teknik bangunan maupun sarana dan prasarana yang dibuat ataupun ditinggalkan oleh manusia dalam perjalanan sejarahnya.
Karena bangunan berkaitan dengan kemajuan peradaban manusia, maka dalam perjalanannya, manusia memerlukan ilmu atau teknik yang berkaitan dengan bangunan atau yang menunjang dalam membuat suatu bangunan. Perkembangan Ilmu pengetahuan tidak terlepas dari hal tersebut seperti halnya arsitektur, teknik sipil yang berkaitan dengan bangunan. Bahkan penggunaan trigonometri dalam matematika juga berkaitan dengan bangunan yang diduga digunakan pada masa Mesir kuno dalam membangun Piramida. Bahkan pada masa sekarang, bangunan bangunan berupa gedung tinggi dianggap merupakan ciri kemajuan peradaban manusia.
Pada awalnya manusia hanya memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai sarana dan prasarana ataupun infrastruktur dalam kehidupannya. Seperti halnya memanfaatkan gua sebagai tempat tinggal. Kemudian memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai bahan-bahan untuk membuat infrastruktur seperti halnya batu, tanah dan kayu. Kemudian setelah ditemukan bahan bahan tambang yang dapat digunakan untuk membuat alat atau benda yang menunjang sebuah bangunan seperti halnya barang logam dan mengolah bahan bahan alam seperti mengolah batuan kapur, pasir dan tanah. Dalam perkembangannya, manusia membuat bahan bahan bangunan dari hasil industri atau buatan manusia yang bahan-bahannya bakunya diambil dari alam.


Arsitektur

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Konstruksi

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area.
Walaupun kegiatan konstruksi dikenal sebagai satu pekerjaan, tetapi dalam kenyataannya konstruksi merupakan satuan kegiatan yang terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang berbeda.
Pada umumnya kegiatan konstruksi diawasi oleh manajer proyek, insinyur disain, atau arsitek proyek. Orang-orang ini bekerja di dalam kantor, sedangkan pengawasan lapangan biasanya diserahkan kepada mandor proyek yang mengawasi buruh bangunan, tukang kayu, dan ahli bangunan lainnya untuk menyelesaikan fisik sebuah konstruksi.
Dalam melakukan suatu konstruksi biasanya dilakukan sebuah perencanaan terpadu. Hal ini terkait dengan metode penentukan besarnya biaya yang diperlukan, rancang-bangun, dan efek lain yang akan terjadi saat pekerjaan konstruksi dilakukan. Sebuah jadwal perencanaan yang baik akan menentukan suksesnya sebuah pembangunan terkait dengan pendanaan, dampak lingkungan, keamanan lingkungan konstruksi, ketersediaan material bangunan, logistik, ketidak-nyamanan publik terkait dengan adanya penundaan pekerjaan konstruksi, persiapan dokumen dan tender, dan lain sebagainya.


Teknik sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.
Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.


Cabang-cabang ilmu teknik sipil

  • Struktural: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.
  • Geoteknik: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium.
  • Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.
  • Hidrologi: Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.
  • Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.
  • Transportasi: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.
  • Informatika Teknik Sipil: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).
Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen projek dsb. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil.
Perbedaan dari arsitek, terletak pada posisi ahli teknik sipil dalam sebuah proyek. Arsitek menyumbangkan rancangan, ide, kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. Hasil rancangan tersebut diserahkan selanjutnya kepada staf ahli bidang teknik sipil untuk pelaksanaan pembangunan. Tahapan ini, ahli teknik sipil melakukan perbaikan/saran dari pelaksanaan perencanaan, koordinasi dalam proyek, mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. Selain itu, ahli teknik sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek.
Ahli teknik sipil tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi di bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika, memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan program CAD, pemodelan kerusakan akibat gempa, banjir. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan, jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. Peran ahli teknik sipil juga masih berlaku walaupun fase pembangunan sebuah gedung telah selesai, seperti terletak pada pemeliharaan fasilitas gedung tersebut.


Ilmu ukur tanah

 Ilmu ukur tanah adalah bagian dari ilmu geodesi yang mempelajari cara-cara pengukuran di permukaan bumi dan di bawah tanah untuk menentukan posisi relatif atau absolut titik-titik pada permukaan tanah, di atasnya atau di bawahnya, dalam memenuhi kebutuhan seperti pemetaan dan penentuan posisi relatif suatu daerah.

 

AutoCAD

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

SKETCHUP 

Google SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse.

Google sketchUp yang simple dan mudah digunakan ini pasti dibaliknya mempunyai kelebihan dan kelemahan, antara lain:

KELEBIHAN
  1. Interface yang menarik dan simpel
  2. Mudah digunakan oleh golongan pemula sekalipun
  3. Banyak open source plugin yang mendukung dan melengkapi kinerja google sketchup
  4. Terdapat fitur import file ke ekstensi 3ds (untuk 3ds max), dwg (untuk autocad), kmz (untuk google earth), pdf, jpg, bmp, dxf, dan lain-lain.
KEKURANGAN
  1. Karena kesederhanaan sketchup menjadikan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun
  2. Terjadi crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (kasus ini terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke google sketchup )
  3. Hasil gambar kurang memuaskan.
  4. Tersedia dua versi SketchUp, yaitu : Google SketchUp (gratis) dan Google SketchUp Pro (harga sekitar USD 459.00).

DESAIN INTERIOR



Desain Interior adalah salah satu bidang studi keilmuan yang diasarkan pada ilmu desain. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun non fisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Ada tiga hal utama yangmenjadi kajian dalam desain interior, yaitu ruang, alat dan manusia penggunanya.

ENAM PENATAAN R. TAMU

Ada 6 desain penataan ruang tamu yang dapat anda pilih sebagai bahan pertimbangan mengatur ruang tamu. Dengan berbagai model dan ukuran mulai dari klasik hingga minimalis, dari sempit hingga luas.

RUANG TAMU KLASIK
Ruang tamu klasik mempunyai ciri perabotnya berat dan penuh dengan ukiran. Ruang tamu model klasik dapat ditempatkan pada rumah dengan luasan ruang tamu cukup luas karena pernik-pernik gaya klasik sangat banyak antara lain korden, kredenza klasik, lampu meja, kadang juga terdapat perapian. Dinding warna klasik biasanya berwarna putih, tetapi terkadang dinding dilapisi dengan wallpaper dengan motif berat. Plafon juga sangat tinggi dan penuh dengan ukiran serta gambar-gambar model barok rokoko. Tapi harap diingat bahwa ruang tamu model klasik sangat rentan debu karena banyaknya perabot.

RUANG TAMU MINIMALIS
Ruang tamu minimalis mempunyai ciri perabotnya simple dan terkesan bersih dan rapi. Tidak terlalu banyak ornament. Jikapun yang dipajang lukisan, tema lukisannya pun tidak berat dan ruwet.. Dinding berwarna cerah dengan satu bidang warna berbeda sebagai focal-point yaitu merah marun. Perabotnya pun memakai warna senada dengan dinding supaya tidak banyak warna yang muncul. Lantai menggunakan parket supaya tidak muncul banyak garis-garis sehingga kesan minimalis sangat kuat.

RUANG TAMU SEMPIT
Ruang tamu sempit mempunyai masalah tersendiri dalam penataannya. Hindari perabot yang berat dan ukir-ukiran. Usahakan perabot berbentuk persegi-persegi saja dan dengan warna senada warna dinding. Siasati dengan cermin seperti gambar disamping ini dan yang paling penting hindari terlalu banyak ornamen yang membuat ruang terkesan penuh. Selain itu hindari plafon dengan desain naik turun. Yang paling penting adalah kebersihannya.

RUANG TAMU = RUANG KELUARGA
Ruang Tamu = Ruang Keluarga karena keterbatasan ruang, ruang tamu juga merupakan ruang keluarga. Artinya kita menerima tamu diruang keluarga. Tidak ada salahnya, dengan catatan ruang keluarga harus selalu rapi. Kita bisa menempatkan TV Set diruang ini dan sofa dengan sandaran lebar. Kita juga bisa memainkan warna-warna sesuai selera yang dipadupadankan antara dinding dan perabotnya. Ada baiknya menempatkan pernik-pernik hiasan yang akan mampu menyemarakkan suasana ruang tamu yang sekaligus adalah ruang keluarga ini.

RUANG TAMU TERBUKA
Ruang Tamu Terbuka sebenarnya adalah ruang tamu yang ditempatkan diluar rumah atau diteras. Banyak maksud dengan konsep ini antara lain diluar rumah suasana lebih cair dan tidak kaku. Yang hanya perlu diperhatikan adalah meskipun diluar rumah, tetapi tetap harus ternaungi sehingga terhindar dari hujan dan panas. Tetapi konsep ini juga rentan terhadap debu, jadi sebisa mungkin jangan menempatkan perobotan dari kain yang bertektur terlalu lebar karena akan menampung debu. Untuk tata letak, tidak ada peraturan baku terhadap tata letak perabotnya karena tidak terbatasi oleh dinding. Selain itu juga tidak perlu terlalu banyak ornamen atau hiasan macam-macam, cukup meja kursi serta beberapa pot bunga agar suasana lebih segar.

RUANG TAMU RETRO
Ruang Tamu Retro mempunyai cirri tersendiri. Gaya retro bisa ditampilkan dalam bentuk optik dan bentuk organik, serta warna-warni dalam nada terang. Desain retro merupakan gaya yang semua penataannya kembali ke dekorasi tahun 1960 sampai 1970. Komposisi warna dan motif ini akan banyak terlihat pada wallpaper, wall towall carpet, upholstery (bahan pelapis sofa), tirai, serta perlengkapan makan seperti placemate, gelas, cangkir, dan serbet. Pendek kata, semua akan serba lebih modern, simpel dan berwarna.
 

LANSEKAP

Arsitektur Lansekap adalah ilmu yang mempelajari tentang seni, perencanaan, perancangan, manajemen, perawatan, dan perbaikan tanah dan perancangan konstruksi buatan-manusia skala besar. Ruang lingkup dari profesi ini termasuk desain arsitektural, perencanaan lokasi, pengembangan estate, restorasi lingkungan, perencanaan kota, perencanaan taman dan rekreasi, perencanaan regional, perencanaan ruang, dan perawatan sejarah.


RUMAH GAYA MINIMALIS

Gaya ini dipandang praktis dan dapat mewakili gaya hidup modern. Jawaban atas tantangan zaman yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari sesuatu yang minimal. Bisa berupa dana pembangunan yang minim atau meminimalkan gaya hidup. Namun justru keterbatasan ini melahirkan tren hunian.

Sudah banyak ragam hunian minimalis yang tercipta yang bisa dilihat dilingkungan sekitar kita. Harus diakui bahwa gaya hunian minimalis sebenarnya booming karena ‘jasa” para pengembang perumahan. Ide membentuk hunian minimalis pada dasarnya diawali oleh kebutuhan akan kepraktisan. Tapi para pengembang membuat minimalis karena beberapa alasan, antara lain desain tidak ribet dan relatif mudah pada pelaksanaan serta yang paling penting adalah biaya pembangunan relatif lebih murah dibanding model hunian yang lain seperti klasik, tropis, mediterania atau yang lainnya. Apalagi ditengah kondisi harga material bangunan yang fluktuatif.

LATAR BELAKANG
Gaya ini dipandang praktis dan dapat mewakili gaya hidup modern. Ada satu alasan orang memilih gaya minimalis. Yaitu gaya ini dianggap merupakan jawaban atas tantangan zaman yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari sesuatu yang minimal. Gaya minimalisme ini merujuk pada gerakan “back to basic” atau kembali kepada kesederhanaan yang apa adanya. Gaya ini melahirkan sebuah bangunan yang tanpa hiasan berlebihan, jujur dan apa adanya. Tren gaya hidup saat ini, adalah gaya hidup yang cepat, simple dan praktis dengan tetap mengedepankan yidak ketinggalan tren yang sedang berkembang. Nah, hunian minimalis adalah sebuah jawaban atas tuntutan hidup semacam ini.

FUNGSIONAL
Functionalism adalah pakem yang yang biasanya bisa dilihat dari desain minimalis. Kalau itu bukan hal penting, boleh dibuang atau disingkirkan. Jika kita merasa tidak perlu ada ornamen, dan malah membuat repot dalam merawatnya, kenapa harus ada. Ornamen ukiran biasanya tidak esensial untuk hunian yang bergaya minimalis.

Less is more biasanya diterapkan dalam desain minimalis. Tidak perlu berlebihan dalam menata hunian, sedikit pernik-pernik asalkan terlihat indah dari pada banyak pernik malah membuat ruangan terasa penuh sesak, maka hunian minimalis memilih opsi sedikit tapi indah. Biasanya ruang banyak dibiarkan lega sebagai bagian dari interior itu sendiri.

Clean and white hampir selalu dipastikan ada dalam gaya hunian minimalis. Ruang yang bersih (dalam arti bersih dari pernik-pernik) dan nuansa putih biasanya menyertai huniann minimalis. Dengan warna putih kesan luas dan lega akan didapat. Meskipun dibeberapa bagian ada yang berwarna lain tapi biasanya hanya sebagai focal point atau dengan kata lain warna putih dapat menjadi background sebuah elemen tertentu yang ingin kita tonjolkan. Misalnya kita menempatkan satu sofa yang berwarna merah menyala didepan dininding berwarna putih maka sofa tersebut akan terkesan mencolok dan dominan pada ruang tersebut meski ukuran sofa tersebut tidak besar sekalipun.

CIRI HUNIAN MINIMALIS
  • Sambungan bidang yang sempurna, pertemuan dinding dan atap memerlukan penanganan yang rapi. Mungkin ini yang menjadi pertimbangan biaya desain minimalis mahal.
  • Penampilan struktur yang elegan, konstruktsi struktural tersusun sederhana dan lugas tanpa kamuflase elemen arsitektur.
  • Penggunaan cahaya, sebagai elemen yang mampu memberikan efek dramatis. Permainan cahaya buatan atau alami menghasilkan efek kedalaman ruang.
  • Atap datar, atau nyaris datar untuk bangunan di iklim tropis.
  • Ruang terbuka dan jendela yang lebar, ruang terbuka bermanfaat untuk mengimbangi masa bangunan, sedangkan jendela memberikan pandangan ke luar lebih leluasa.
  • Open space, menghilangkan material dinding - contoh dapur dan ruang makan dalam satu ruang. 

RUMAH KONSTRUKSI KAYU

Konsep bangunan tahan gempa pada dasarnya adalah upaya untuk membuat seluruh elemen rumah menjadi satu kesatuan yang utuh, yang tidak lepas atau runtuh akibat gempa. Tetapi pada skala tertentu jika memang bangunan tersebut akan roboh karena kekuatan gempa yang besar, paling tidak bangunan tersebut masih mempunyai waktu untuk bertahan dari goncangan untuk memberikan waktu kepada penghuninya menyelamatkan diri dan mengevakuasi anggota keluarga yang lain.

Berikut adalah salah satu konsep rumah tahan gempa yang terbuat dari kayu dengan berbagai bentuk pondasi yang disadur dari buku PEDOMAN TEKNIS, Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, milik DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM.

KONSTRUKSI KAYU
Rumah konstruksi kayu adalah bangunan rumah dengan menggunakan sistem struktur rangka pemikul dari bahan kayu. Biasa disebut sebagai rumah kayu, ciri-cirinya yaitu seluruh komponen balok dan kolom serta dinding yang digunakan adalah kayu. Rumah dengan struktur rangka kayu harus menggunakan sambungan-sambungan takik yang dikencangkan dengan menggunakan paku minimal 4 buah.

Panjang paku yang digunakan minimal 2,5 kali tebal kayu yang terkecil. Apabila struktur kayu ini memikul beban berat (seperti struktur kayu untuk bangunan gudang atau garasi kendaraan), maka sambungan kayu harus dikencangkan dengan menggunakan bout berdiameter minimum 10 mm. Semua kayu yang digunakan harus kering dan bila perlu diawetkan sesuai dengan persyaratan pengawetan kayu.

RUMAH KAYU DENGAN PONDASI UMPAK

  • Pondasi setempat/umpak yang dimaksudkan di dalam pedoman teknis ini adalah pondasi umpak yang terbuat dari beton kosong (tanpa tulangan) campuran 1PC : 1 1/2 Psr : 2 1/2 Krl.
  • Bentuk pondasi umpak adalah prisma terpancung dengan ukuran penampang atas 25 cm x 25 cm, penampang bawah 60 cm x 60 cm, dan tinggi 90 cm
  • Bagian yang tertanam dari pondasi umpak sekurang-kurangnya 30 cm atau sampai tanah keras. Jarak maksimum antar pondasi adalah 1,5 m.
  • Pembuatan papan duga (bowplang) sebagai acuan penempatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga setiap baris pondasi berada tepat dibawah sumbu memanjang balok, seperti ditunjukkan pada Gambar 15
  • Setiap pondasi umpak harus terikat satu sama lain dengan balok pengikat, seperti pada Gambar 16
  • Bahan pondasi ini dibuat dari pasangan batu kali dengan adukan untuk spesi 1PC: 4 Psr.
  • Struktur bangunan atas harus terikat pada pondasi dengan menggunakan angkur besi berdiameter 12 mm dan jarak maksimum 1,5m
  • Apabila menggunakan papan sebagai dinding, maka jumlah paku yang digunakan sekurang-kurangnya 2 buah, dan sambungan pada papan satu dengan lainnya digunakan sambungan alur lidah.
  • Untuk mendapatkan bangunan yang kokoh, maka pada setiap detail sambungan pada struktur rangkanya sebaiknya mengunakan sambungan takik yang dikencangkan dengan paku.
  • Detail A merupakan detail sambungan pada sudut bangunan antara ring balok kayu dengan kolom:
  1. a. Sambungan ring balok kayu disudut digunakan sambungan takik.
  2. b. Sambungan kolom dengan ring balok menggunakan sambungan pasak.
  3. c. Untuk menambah kekakuan, maka antara ring balok dengan kolom dipasang sekur-sekur dari papan 2/20 cm dan dipaku.

RUMAH KAYU DENGAN PONDASI TIANG
Gambar 24 merupakan ilustrasi dari rumah kayu dinding papan dengan pondasi tiang. Ini adalah hubungan Pondasi Tiang dengan Balok Penguat Horisontal (Detail A) Untuk mendapatkan kekokohan struktur bawah dari rumah panggung ini, maka sistem sambungan yang digunakan adalah sistem sambungan takik dengan penguat paku dan pasak masing-masing untuk sambungan sekur dan sambungan balok - kolom.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar